jump to navigation

Honda NR masterpiece Honda yang terkikis Jaman…….(bag 1) April 24, 2012

Posted by ardianfireblade in Uncategorized.
trackback

Hello Brothers…..

kali ini AM coba kulik-kulik dikit tentang rare masterpiece Honda yaitu Honda NR,nah sebelum membahas secara rinci Honda NR mending kita intip dulu sejarahnya honda NR yukkkk…

Honda NR adalah konsep nyeleneh dari honda,kala itu engineer dari honda punya misi bagaimana cara-nya motor 4 tak bisa saingi motor 2 tak.memang di tahun 70-an motor 2 tak lagi booming desain mesin simpel dengan CC kecil tapi tenaga dan horse powernya ngerii!!

Nah akhirnya di tahun 1978 para engineer honda memulai sebuah proyek motor 1 silinder dual head valve 125cc oval piston  dengan kode “KOO”.setelah di test tenyata power mesin masih kurang hingga para engineer honda memutuskan menambah lagi klep menjadi 8 katup/klep/valve so desain final mesin adalah 1 silinder 125cc 8katup/valve,oval piston,liquid cooled tetapi di test terakhir bulan oktober ternyata desain oval piston ga cocok untuk mesin 1 silinder,di test itu ketika mesin di geber sampai 10.000rpm tiba-tiba mesin bermasalah dan mesinya rontok!akhirnya engineer honda memutuskan untuk tidak menggunakan lagi mesin 1 silinder tapi multi silinder.

Di tahun 1979 HRC membuat keputusan bulat “proyek oval piston”tetap dilanjutkan biarpun mesin prototype-nya bermasalah,HRC pun harus mencari perusahaan metalurgi yang sanggup membuat piston oval dan silinder-nya dengan sempurna,akhirnya di pilihlah Honda Metal Technology(trnyta anak perusahaan honda sendiri) untuk membuat piston oval,silinder dan part mesin lain-nya.

oval piston ciri khas honda NR

Bulan April 1979 kerja keras HRC tuntas terbayar!lahirlah mesin dengan kode “OX” V4 500 cc dengan output power 90HP,dan inilah awal terciptanya “NR 500

NR 500 punya rangka yang unik,tipe rangka monokoq yang terbuat dari material Carbon Fibre,sok depan upside down (dr gambar sih spt upside down) radiatornya pun nyeleneh,letak-nya bukan di depan silinder head tapi di samping luar di bawah tangki.penasaran dengan NR 500 yuk kita lihat sama-sama…..

     tahun 1984 NR 500 me-revisi letak radiatornya di bagian dalam motor,ternyata sebelum ducati panigale n desmosedici lahir,honda udah ciptain motor balap dengan sasis monokoq :)

nah di tunggu ulasan AM selanjutnya tentang honda NR di bagian 2 okey….

Vrrrrooommm(AM)

About these ads

Komentar»

1. Ari CX Rider - April 24, 2012
ardianfireblade - April 24, 2012

motor jadul sebenarnya teknologine maju lo
jiaaannn ninja 250 teknologine kalah jauh sama NR

Ari CX Rider - April 24, 2012

engine n250 kn termasuk jadul juga ?

ardianfireblade - April 24, 2012

yup sekitar tahun 85 keatas lah nama-nya ex-250 besok2 mau tak bahas ah…

2. Gogo - April 24, 2012

keren.. motor2 jadul memang udah maju2..
mirip ama Ducati..

ardianfireblade - April 24, 2012

nah itulah bro kadang aq jd heran kl iklan motor jaman sekarang klaim teknologinya maju,canggih pdhl ya gitu2 aja,nyatanya motor jadul yg lebih canggih udh eksis

ardianfireblade - April 24, 2012

nah itulah bro kadang aq jd heran kl iklan motor jaman sekarang klaim teknologinya maju,canggih pdhl ya gitu2 aja,nyatanya motor jadul yg lebih canggih udh eksis

3. tovavanjava - April 24, 2012
ardianfireblade - April 24, 2012

motor jadul pancen manteb…

sof - April 25, 2012

@tovavanjava, bwakakakaka, judul blognya bikin aye ngakak

4. ipanase - April 24, 2012
ardianfireblade - April 24, 2012

motor tua mmg hebatt…

5. raya - April 24, 2012

judulnya salah. seharusnya tak terkikis jaman..

ardianfireblade - April 24, 2012

mksdnya terkikis krn udh dilupakan masbro

6. will - April 24, 2012

hebat

7. kankkunk - April 24, 2012
ardianfireblade - April 25, 2012

inspirasinya dari the power of dreams bro…
hehehehe

8. Gianluigi mario - April 25, 2012

Busyettt… sip banget tuh mesinnya.. :shock:
gimana ya sensasi akselerasinya :)

ardianfireblade - April 25, 2012

akselerasi moge pasti ngeri bro…
yg 400cc aja jambakan-nya cukup ngeri bikin badan mau lepas dr motor!

Gianluigi mario - April 25, 2012

iyo mas. aku pake CBR 250 aja ngeri, apalagi 400 keatas.
apalagi bobot saya cuman 45-46kg, wah bisa terbang nih awak, wekekeke

ardianfireblade - April 25, 2012

waduh beneran bobot ente 45 kg…??
kalau aq 80kg wkwkwkwkw

Gianluigi mario - April 25, 2012

pas banget buat sampean..
saya mah separuhnya.. hehe.
kalo kebesaran motor jelas wagu .. wkwkwkw

ardianfireblade - April 25, 2012

sampean di gresik to
kl inget gresik jd inget nasi krawu yg di belok2an mau ke jalan tol osowilangun
ueennakkk tenan…

Gianluigi mario - April 25, 2012

wohh.. itu namanya nasi krawu bu Timan.
saya 2x kesana.
kalo lewat gresik ayo saya traktir mas :)

ardianfireblade - April 25, 2012

boleh2 tp kaya-nya ke gresik-nya pas bulan puasa
jd ga bs makan juga hahaha

Gianluigi mario - April 25, 2012

kalo gitu abis magrib aja :) hehe siap kapanpun saya, (sekitar 15km dari rumah) :P

ardianfireblade - April 25, 2012

hahahahaha….jd inget yg td

Gianluigi mario - April 25, 2012

ditunggu bu Timan lo.. hehehehe

ardianfireblade - April 25, 2012

insya Allah ntr kl aq mudik tak kabari yo…

Gianluigi mario - April 25, 2012

OK.
lagi di TOTAL atau mana mas? paman saya jg ada yg merantau kesana..
temen di PAMA juga ada..

ardianfireblade - April 25, 2012

ahhh…ane ga kerja di perusahaan swasta bro..
hehehehe…tp adik ane kerja di PAMA :)

Gianluigi mario - April 25, 2012

ooo gitu.. oke deh, sippp
salam balik aja..

Gianluigi mario - April 25, 2012

sip

9. vixy182 - April 25, 2012

mesin nya padat…mengerikan… :evil:

ardianfireblade - April 25, 2012

motor jadul ga kalah sm motor modern jg yah
mngkn ini cikal bakal RCV nih
konfigurasi mesin jg sm V4-nya

10. Aa Ikhwan - April 25, 2012

motor ajiiib masbro :D

ardianfireblade - April 25, 2012

terutama mesin-nya unik tuh :)

11. H3 - April 25, 2012

IMHO..
Alasannya Piston Oval & Valve 8 >> Ngejar Flow (aliran udara) ke ruang mesin >> supaya bisa bisa mengimbasi lawannya (2T)

Mesin 2T (1X tenaga >> 360 derajat)
Mesin 4T (1X tenaga 720 derajat)

Ditambah lagi ,, mesin 4T komponen komplex / banyak gesekan.

12. tri ee - Agustus 12, 2012

@H3 : korelasi antara desain piston oval 8 katupdengan tambahnya flow bgaimana ya ?

13. andi - Februari 16, 2013

andalan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: