jump to navigation

Honda NR masterpiece Honda yang terkikis Jaman…….(bag 2 habis) April 27, 2012

Posted by ardianfireblade in Uncategorized.
trackback

Hello Brother’s….

Setelah beberapa hari yang lalu kita bahas honda NR 500,nah sekarang kita bahas adik-nya si NR 500 yaitu the amazing sexy NR 750.sebetul-nya dari sektor jeroan mesin NR 500 dan 750 identik sama-sama mengadopsi oval piston.namun NR 750 udah di bekali dengan berbagai macam teknologi mutakhir,body work yang aduhai semok kaya aura kasih :),pokok-nya ketika lahir di era-nya NR 750 bener-bener sebagai piece of art boleh dikatakan seperti Ducati-nya Honda dan hanya di produksi sebanyak 700 unit,so NR 750 juga merupakan salah satu motor langka dari pabrikan jepang setelah YZF R7 yang hanya di produksi sebanyak 500 unit.Nah seperti apakah NR 750 ??yuk kita baca bersama,tariikkkk manggg….

Mungkin NR 750 adalah superbike hebat,terbaik dari sisi teknologi,berteknologi maju,motor paling mahal di era-nya dengan harga 36,500 dollar (365JT dengan kurs sekarang),tapi bukan yang tercepat.NR 750 sendiri lahir setelah era NR 500 tampak-nya engineer Honda belum puas dengan performa si kakak yaitu NR 500 padahal power NR 500 standar bisa sampai 90HP!,selidik punya selidik ternyata di awal proyek NR 500 Honda punya misi utama yaitu selain menciptakan mesin unik “one of a kind” mesin itu juga harus punya output power di atas 100HP!.maka dari itu lahir-lah NR 750.

Yang paling istimewa dari NR 750 tentu mesin-nya,kenapa bisa di sebut istimewa?karena di era-nya rata-rata motor superbike menggunakan mesin 4 silinder segaris karburator 4 valve per silinder.Nah NR 750 sendiri menggunakan mesin V4 oval piston 8valve per silinder INJEKSI!,sasis aluminium,Pro arm,body work yang terbuat dari campuran fiberglas dan serat karbon,bahkan windshield fairing depan di lapisi TITANIUM ueedannn tennannn!,digital speedometer,suspensi depan upside down,unik-nya injeksinya berjumlah 8biji loh per silinder di bekali 2 injector.Edaaannn…!padahal di tahun 2012 aja rata-rata superbike 4 silinder hanya di bekali 1 injector per silinder.Dengan teknologi seperti ini output power NR 750 prototype mencapai 140HP dan versi balap-nya mencapai 160HP.Namun karena ada-nya peraturan keselamatan berkendara power NR 750 untuk massal dipangkas menjadi 125HP.Well it’s OK setindak-nya Honda sudah membuktikan pada Dunia  bahwa motor-nya ber cc di bawah 1000 tapi punya horse power seperti motor 1000cc.

Nah demikian ulasan AM ttg NR series,bagaimana pendapat brosis sekalian ttg NR series?monggo di share disini….

Vrrrroooommm (AM)

Make Model

Honda NR 750 NR40 RC40

Year

1992

Engine

Liquid cooled, four stroke, 90°V-four oval cylinder, DOHC, 8 valve per cylinder.

Capacity

747.7
Bore x Stroke 101.2 x 50.6 x 42 mm
Compression Ratio 11.7:1

Induction

Electronic fuel injection 8x 30mm chokes, 2 injectors per cylinder

Ignition  /  Starting

Computer-controlled digital   /  electric

Max Power

125 hp 92 KW @ 14000 rpm (rear tyre 115.8 hp @14500 rpm)

Max Torque

47.9 hp 6.6 kg-m @ 11000 rpm

Transmission  /  Drive

6 Speed  /  chain
Gear Ratio 1st 2.666 (40/15)  /  2nd 2.125 (34/16)  /  3rd 1.777 (32/18)  /  4th 1.545 (34/22)  /  5th 1.381 (29/21)  /  6th 1.381 (29/21)
Frame Triple-square section twin-tube

Front Suspension

45mm Showa inverted telescopic forks, preload, compression and rebound damping adjustment. 120mm wheel travel

Rear Suspension

Pro-link arm Showa monoshock, preload, compression and rebound damping adjustment. 120mm wheel travel

Front Brakes

2x 310mm disc 4 piston calipers

Rear Brakes

Single 220mm disc 2 piston caliper

Front Tyre

130/70 ZR16

Rear Tyre

180/55 ZR17
Seat Height 785 mm

Dry-Weight

220 kg

Fuel Capacity

17 Litres

Consumption  average

12.6 km/lit

Braking 60 – 0 / 100 – 0

12.9 m / 35.9 m

Standing ¼ Mile  

11.4 sec / 197.3 km/h

Top Speed

257.3 km/h
Reviews Four.freeserve.co.uk  /  Hondavfr.de  /  .vsource.org
Manual Service Info

Komentar»

1. REC*303 - April 27, 2012

Speknya uedan…!!!

ardianfireblade - April 27, 2012

untuk motor yg lahir di tahun 90-an spek-nya mmg sangar bro!

2. c-seratus - April 27, 2012

motor dahsyat mas…sblm bisa nunggang motor dulu..sy pernah baca2 honda NR.., mesin V4 sepowerful V8. walau msh sama2 mesin ‘internal combustion”, niat mengejar efesiensi tertinggi yg mgk bisa diperas dari sebuah mesin oleh engineer honda bikin kagum. Tdk heran Vtec, sistem pengaturan katup yg ”sederhana” namun brilian lahir dr mrk. Namun, konon, ada masalah ring piston oval yg sulit ”fit properly”?. Tp terobosan teknologinya patut diapresiasi, lahir dari iklim kompetitif yg diwariskan Sochiro. Salam kenal mas
:mrgreen:

ardianfireblade - April 27, 2012

bener mas bro..
piston oval susah fit di silinder-nya beda ketebalan 0,00 sekian aja piston ga mau gerak
maka-nya di awal pengembangan mesin oval piston
mesin-nya sering rusak krn ga tahan di RPM tinggi
salam kenal jg masbro
semoga senang dg artikel saya 😉

billy mcgregor - April 30, 2012

memang honda unggul dalam inovasi..awal kemunculan vtec ya dari motor…

ardianfireblade - April 30, 2012

kata konsumen motor di jepang jg gt bro
kl jepang motor-nya lebih advanced soal teknologi

3. Ari CX Rider - April 27, 2012

woghhh . .
kalo ada yg rusak suseeh nih cari parts nya 😀

http://areeya2.wordpress.com/2012/04/27/motor-terspyshoot-itu-ada-yang-baru-di-mesinnya/

ardianfireblade - April 27, 2012

terutama piston-nya tuh
maka-nya kebanyakan dr 700 NR yg di produksi cm jd barang koleksi aja
jarang di pakai di sirkuit

Ari CX Rider - April 27, 2012

cuma pajangan ?:? ❓ ??:

ardianfireblade - April 27, 2012

plus di panasi thok…hahahaha…
motor-ku aja jarang jalan
mung di panasi thok
soalnya pertamax mahal

4. tovavanjava - April 27, 2012
ardianfireblade - April 27, 2012

harganya juga edan lho
harga bekas-nya di jepang aja tembus 6jt yen
kurs yen 1 yen = Rp.110
110×6.000.000 berapa duit tuh

5. ipanase - April 27, 2012
6. Dismas - April 27, 2012
ardianfireblade - April 27, 2012

motor2 jaman dulu mmg kaya gt
tp teknologi mesin-nya yg harus di acungi jempol

7. Dr.Feelgood - April 27, 2012

Honda NSR adalah motor 2 tak yg paling sempurna yg pernah honda ciptakan. 😀

ardianfireblade - April 27, 2012

terlebih lg yg 250 cc udh PGMFI
barang langka tuh

Dr.Feelgood - April 27, 2012

betul mas, paling langka. tapi klo yg 150 Sp saya sering liat mas di bandung.

ardianfireblade - April 27, 2012

kl 150 SP sm 150 RR(astra) mah di indonesia banyak populasinya,tp syg prnh beberapa kali liat motor tsb di jalan banyak yg ga terawat,alias yg punya cm bs pakai doank..

Dr.Feelgood - April 27, 2012

ia mas, sayang disayangkan sekali, motor superior akan sayang disayangkan jika tidak terawat. mungkin beberapa sang pemiliknya bisa dikatakan tidak terlalu peduli juga, ya misalkan karena sparepartnya mahal, bisa jadi karena itu pula.

ardianfireblade - April 27, 2012

hhmmm..kl sparepart wajar sih,soalnya itu motor built-up
yg kmrn ku lihat motor-nya kucel,kusam,banyak lecet di mana-mana,oli sok rembes,bahkan velg-nya pun cat-nya luntur kena ceceran oli-nya
mana ban-nya penuh lumpur mengering pula
kaya-nya sih motor-nya sering di pake kerja ke lokasi tambang

Dr.Feelgood - April 27, 2012

wahahahah, klo itumah kayaknya si pemilik hanya punya prinsip AJS alias asal jalan syukur xixixi…

klo saya yg punya pasti gk bakalan kya gitu tuh hehe 😀

ardianfireblade - April 27, 2012

hahay di sini banyak yg ky gt
ada juga N250 silincer knalpot-nya di ganti sm silincer merk super trap utk motor bebek
alhasil suara-nya kaya kompor mleduk

Dr.Feelgood - April 27, 2012

😯 waduh, hahaha. padalah knalpot standarnya lebih enak lo performanya.

ardianfireblade - April 27, 2012

kl di bandung ada rider ky gt pasti di ketawain tuh
mana di bandung banyak moge
kl di daerahku sini rider N250 udh serasa naek moge
parah di jalanan banyak gaya n belagu
tp ada jg rider yg baik sih

Dr.Feelgood - April 27, 2012

hehehe, bisa jadi kayaknya hehehe, ane aja yg pake embebek sizuki sering gk pede klo pas dilampu merah didepannya. heheh. biarin aja lah yg kaya gitumah, mungkin mereka2 itu baru pertama kali punya motor

ardianfireblade - April 27, 2012

apalagi kl yg naek anak SMA
palingan jg motor di beliin ortu
hehehe

Dr.Feelgood - April 27, 2012

hahaha, betul mas. dan itu juga karena orang tua cara mendidik anaknya kurang baik, jadinya ya seperti itulah.

ardianfireblade - April 27, 2012

jd inget kmrn baca berita
ada anak bunuh diri krn motor-nya mau di jual
duh..ABG jaman skrg

Dr.Feelgood - April 27, 2012

nah itu dia, Peran Orang Tua disini sangat besar sekali dalam membentuk karakter si anak. dan juga harus dijaga dari pergaulan2 yg kurang kondusif bagi si anak tentunya. 😀

ardianfireblade - April 27, 2012

betul bro..
ente betul

Dr.Feelgood - April 27, 2012

Honda NR sorii kirain NSR bro xixixixi….. mklum neh pikiran lagi kacau balau. 😀

ardianfireblade - April 28, 2012

whoaalahhh aq jg ga ngeh nih…
kirain mmg ente lg mau omongin NSR
hehehehe

Dr.Feelgood - April 28, 2012
ardianfireblade - April 30, 2012

hehee
ok bro

8. milky bo - April 27, 2012

motor edan

ardianfireblade - April 27, 2012

teknologinya juga edan
thanks udh mampir bro

9. Gogo - April 27, 2012

mantabs.. performa badak. bentuknya satu dua ama ducati 998

10. Gianluigi mario - April 27, 2012

bro, kok torsinya masih hp, nggak Nm?
powernya bengisss 🙂

ardianfireblade - April 28, 2012

hahay dr sumber-nya jg gt bro

Gianluigi mario - April 28, 2012

oke dehh 🙂

11. donalterores - April 27, 2012

motor impian,,
andai bpkku se kaya aburizal bakrie……

ardianfireblade - April 28, 2012

impian bs jd kenyataan bro…
sp tau suatu saat bs punya motor ky gini

donalterores - Mei 3, 2012

aamiin

12. Everyone - April 30, 2012

byuhhh…motor alien,, desainer2nya mendahului zamannya

ardianfireblade - April 30, 2012

betul bro….

13. agungsevi - Juli 15, 2012

salah satu teknologi prematur honda

ardianfireblade - Juli 16, 2012

yup


Tinggalkan Balasan ke ardianfireblade Batalkan balasan