jump to navigation

Motor-motor 250cc 4 silinder pabrikan jepang April 28, 2012

Posted by ardianfireblade in Uncategorized.
trackback

Hello Brother’s

Tahun 2008 sampai 2012 ini merupakan awal kebangkitan motor sport 250cc.Dimulai dengan rilis-nya Kawak EX-250J atau yang terkenal dengan nama Ninja 250 di seluruh dunia,sempat di perkirakan bakal ga sukse tapi kenyataan berkata lain.Ternyata konsumen menerima dengan baik kehadiran N250,hingga pabrikan semacam Honda,Suzuki,Minerva pun ikut-ikutan bikin motor 250cc mulai dari CBR 250,Megelli 250 hingga yang terbaru suzy GW 250.

Nah tapi tahukah brosis sekalian,dulu sebelum pangsa motor 250cc kembali booming seperti sekarang,ternyata di tahun 80 dan 90-an motor 250cc juga udah booming loh sebelum akhirnya harus di suntik mati oleh pabrikan karena konsumen lebih memilih motor 400/600cc.Seperti apakah motor-motor legendaris tersebut yuk kita kupas bersama…

1.Honda CBR 250 RR AKA babyblade

yup sebelum CBR 250cc 1 silinder lahir,honda pernah rilis CBR 250cc 4 silinder,banyak orang yang memberi nickname “babyblade” untuk motor ini karena di anggap versi mini-nya dari CBR 900 fireblade.awalnya motor ini hanya untuk konsumen JDM(Japan Domenstik Market) atau hanya dirilis untuk pasar jepang saja.Ternyata penjualan CBR 250rr cukup laku keras,hingga Honda jepang memutuskan untuk menjualnya di belahan negara lain khusus-nya eropa dan amerika.Dengan rangka aluminium,arm banana,berat motor 143kg,mesin 250cc 4 silinder dengan power 40HP,desain motor yang penuh aura balap,posisi riding racy dan livery khas honda,motor ini dirasa cukup buat biker pemula yang ingin belajar balap.

Make Model

Honda CBR 250RR

Year

1994

Engine

Liquid cooled, four stroke, Transverse four cylinder, DOHC, 4 valve per cylinder.

Capacity

249
Bore x Stroke 48.5 x 33.8 mm
Compression Ratio 11.5:1

Induction

Ignition  /  Starting

CDI   /  electric

Max Power

40 hp 29.2 kW @ 14500 rpm

Max Torque

23.5 Nm @ 11500 rpm

Transmission  /  Drive

6 Speed  /  chain
Gear Ratio 1st 2.733  /  2nd 2.000  /  3rd 1.590  /  4th 1.333  /  5th 1.153  /  6th 1.035

Front Suspension

37 mm telescopic fork

Rear Suspension

Monoshock Box Section Swingarm

Front Brakes

2x 275mm discs 2 piston calipers

Rear Brakes

Single 220mm disc 1 piston caliper

Front Tyre

110/70-R17

Rear Tyre

140/60-R17
Seat Height 735 mm

Dry-Weight

143 kg

Fuel Capacity 

13 Litres
Manual blackbears.ru  /  diff.ru:8000

2.Yamaha FZR 250

Hadir di tahun 1986,terkenal dengan EXUP system-nya FZR rilis di maksudkan untuk  menyaingi suzy GSX-R250 yang kala itu lagi booming di jepang.seperti CBR 2500rr,FZR awal-nya rilis untuk pasar JDM juga hingga akhirnya di ekspor ke belahan negara lain-nya.FZR sendiri beredar hingga tahun 1994 ,dan akhirnya harus discontinue karena pasar sudah ngak menerima lagi kehadiran motor 250cc.Di awal tahun 90-an FZR mengalami major change di sektor fairing,lampu depan,body work,chasis dan sektor pengereman bagian depan dengan penambahan 1 buah cakram di sebelah kiri.

Make Model

Yamaha FZR250

Year

1986-87

Engine

Liquid cooled, four stroke, transverse four cylinder, DOHC, 4 valves per cylinder.

Capacity

249
Bore x Stroke 48 х 34.5 mm
Compression Ratio

Induction

Ignition  /  Starting

CDI  / 

Max Power

45 hp @ 14500 rpm

Max Torque

2 kg-m @ 11500 rpm

Transmission  /  Drive

6 Speed  /  chain

Front Suspension

Rear Suspension

Front Brakes

2x discs

Rear Brakes

Single disc

Front Tyre

100/80–17

Rear Tyre

120/80-17

Dry-Weight

141 kg

Fuel Capacity

Manual Fzrarchives.com

3.Suzuki GSX-R 250

Hadir di tahun 1987 setelah rilis kakak-nya yaitu GSX-R 400 dan 750.Ga seperti kakak-nya yang mesin-nya masih menggunakan pendingin oli/oil cooler dan frame aluminium ,mesin GSX-R 250 sudah di bekali dengan pendingin cairan tapi frame-nya masih menggunakan material dari baja.Walaupun begitu para pengemar motor tetap menganggap Gix 250 sebagai replika motor balap yang yahud.Gix 250 sendiri di suntik mati di tahun 90-an,dan sebelum di suntik mati suzuki masih sempat rilis Gix 250SP dengan perubahan di bagian bodywork dan frame.Frame yang dulu-nya pakai bahan baja sekarang pakai bahan aluminium.

Make Model

Suzuki GSX-R 250R-SP

Year

1994

Engine

Liquid cooled, four stroke, transverse four cylinder, DOHC, 4 valves per cylinder

Capacity

248
Bore x Stroke 49 x 33 mm
Compression Ratio 12.51

Induction

4x 32mm Mikuni carbs

Ignition  /  Starting

CDI  /  electric

Max Power

 45Hp

Max Torque

Transmission  /  Drive

6 Speed  /  chain

Front Suspension

41mm Telescopic forks, preload compression and rebound damping adjustable.

Rear Suspension

Full-floater, preload compression and rebound damping adjustable.

Front Brakes

2x 290mm disc 4 piston calipers

Rear Brakes

Single 210mm disc 2 piston caliper

Front Tyre

110/70-17

Rear Tyre

140/60-18

Dry-Weight

143 kg

Fuel Capacity 

13 Litres
Manual ursa.irk.ru/manual/files/Suzuki_GSX-R250_Owners_Manual.zip

4.Kawasaki ZXR-250

 

Inilah the Real kawasaki ninja 250.Rilis pertama kali di tahun 1988 di pasar JDM,di rilis pertama-nya ZXR-250 langsung menjadi favorit biker motorsport.Selain karena desain bodywork yang lebih fresh dan modern dari produk kompetitor lain-nya,ZXR-250 sudah di bekali dengan suspensi upsidedown.Padahal rata-rata motor di jaman itu masih menggunakan suspensi teleskopik.Terbukti di saat penjualan motor 250cc lesu dan akhirnya banyak pabrikan jepang menyuntik mati line up motor 250cc-nya,Kawasaki tetap mempertahankan ZXR-250 sampai tahun 2004.

ake Model

Kawasaki ZX-R 250 Ninja

Year

1989-90

Engine

Liquid cooled, four stroke, transverse four cylinder, DOHC, 4 valves per cylinder.

Capacity

249
Bore x Stroke 49 x 33.1 mm
Compression Ratio 12.2:1

Induction

Ignition  /  Starting

Max Power

45 hp 32.8 kW @ 15000 rpm

Max Torque

2.6 kg-m 24.5 Nm @ 11500 rpm

Transmission  /  Drive

6 Speed  /  chain

Front Suspension

Rear Suspension

Front Brakes

2x discs 2 piston calipers

Rear Brakes

Single disc 1 piston caliper

Front Tyre

110/70-17

Rear Tyre

140/60-18

Dry-Weight

144 kg

Fuel Capacity 

15 Litres

Nah cukup sekian ulasan dari AM tentang motor-motor 250cc.Ternyata sebelum booming lagi seperti sekarang,dahulu kala motor 250cc udah booming duluan dan desain-nya ga kalah sama motor sekarang.

Monggo brosis silakan di komentari dan share pendapat di sini….🙂

Vrrrrooommm…(AM)

Komentar»

1. Gogo - April 28, 2012

ternyta FZR250 toh.. pantes, kluarnya jaman Satria Baja Hitam.

ardianfireblade - April 28, 2012

hahay..
nah akhirnya tau juga to bro..hehehehehe

imah - Maret 13, 2013

yang dipake si bejo hitam tuh GSX-R 250, nih: http://gilaroda2.wordpress.com/2013/01/19/si-keren-suzuki-gsx-r250/
gara2 stroke cm 33mm, rpm bisa menggila sampe 20.000rpm…edaan…

2. ipanase - April 28, 2012

sadisssssss
. ban slick buat harian? berani coba?
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/28/megison-pakai-ban-slick/

ardianfireblade - April 28, 2012

heheheh…
ga berani coba2..
udh pernah nyoba
hasil-nya ban belakang geal-geol

3. Dismas - April 28, 2012
ardianfireblade - April 30, 2012

hmmmm….kaya-nya itu FZR-ya ga modifan bro

4. c-seratus - April 28, 2012

Mantap tritnya bro… nambah ilmu otomotif nih.
Gak kebayang serunya ya… 250cc, 4cyl, 45 bhp, 140-an kg bobot motor.. waw🙂

ardianfireblade - April 30, 2012

yg jelas kalau naik motor ini
udh serasa naik moge🙂

5. tovavanjava - April 28, 2012
ardianfireblade - April 30, 2012

joss kaya extra joss

ardianfireblade - April 30, 2012

joss kaya extra joss

6. fifers - April 28, 2012

kerasa dejavu,deh
sparepart mahal,mana service susah.gan

ardianfireblade - April 30, 2012

pernah punya salah 1 motor2 ini ya bro
mantab nih..

7. Agus Ninjers Marciano Riyanto - April 28, 2012

Josss gandos mantab surantab ! Ajib markojib top markotop ! Sayang tinggal legenda ” coba kalau dihidupin lagi bs rame tuh kejurnas 250cc IRS

ardianfireblade - April 30, 2012

kalau di hidupin lagi
jalanan indonesia pasti penuh moge
apalagi kalau hargan-nya kaya N250/CBR
heheheheh

8. AFR - April 28, 2012

sangar liat motor2 ini di youtube…bisa 20rb rpm bro…lengkingannya mirip F1 …

ardianfireblade - April 30, 2012

sayang udh di suntik mati
kalau di jual di indonesia seharga ninja 250/CBR pasti laku tuh
karakter mesin 4silinder memang gt bro
kalau di geber rpm tinggi lengkingan kaya F1

9. lonely boy - April 28, 2012

kok, CBR serkrg cuman 1 silinder ya bro? apakah untuk menekan harga jual atau efisiensi saja

ardianfireblade - April 30, 2012

Cost produksi-nya bro mahal setara motor 400cc
kalau jaman dulu kan ekonomi masih sehat
jadi pabrikan mau brojolin motor dg spek premium,pasti laku
lha kalau ekonomi dunia lagi sakit gini,pabrikan mau ga mau brojolin motor premium spek biasa tp harga murah

10. billy mcgregor - April 30, 2012

beli zx250 dmn ya?tp msh bagusan cbr?

ardianfireblade - April 30, 2012

hmmmm….kl desain bagus ZXR-250 bro..
desain lebih fresh n udh upside down pula
power jg bagus si ZX bro,lebih banyak 5HP dr CBR hehehe…

billy mcgregor - April 30, 2012

beda 5hp tp power yg di hasilkan setara 400cc..cb bro cari artikel ttg knp cbr 250rr bertenaga hingga 50dk?sampe” di protes sm mentri jepang karena terlalu kencang…cb di indonesia?bisa nya pake hp dijalan….tar mati karna hp tau rasa tuh?hihihi

ardianfireblade - April 30, 2012

400cc power-nya 60HP bro,jelas beda sm yg 250cc yg cm 40-45HP
pemangkasan HP krn di beberapa negara ada aturan hukum utk membatasi HP bro,so mau ga mau HP hrs di pangkas dikit,kasus-nya smp spt ducati tuh kl ga slh yg monster 696 HP di pangkas hingga cuman 45HP aja
kl di indonesia mah beda bro
hihihihi…

11. milky bo - April 30, 2012

wuah powernya sangar2,ga kayak motor sekarang powernya banci semua…

ardianfireblade - April 30, 2012

yaahhh..
mau gmn lagi bro..
pabrikan sekarang idealis-nya udh hilang
kl skrg lebih mengejar untung yg banyak
bukan riset mesin terus spt jaman dulu

12. e63 - April 30, 2012

kuwi urutan harganya yg paling murah yg mana dulu bro, penasaran sm harga2 tu motor

ardianfireblade - April 30, 2012

kl harga barunya ane ga ada resensi bro
kl harga bekas di e-bay ada yg jual tuh
skitar $500 s/d $2000 tergantung kondisi-nya

e63 - April 30, 2012

$2000usd mungkin sekitar 18juta ya bro, termasuk murah sih benernya, tp belum nympe di tempat pasti tu harga, belum kondisi fisik dan pajak2ny

ardianfireblade - April 30, 2012

yup itu harga di luar
kl smp di indonesia pasti lbh mahal bro
coba cr di singapur agak murah tuh harganya
beli-nya terpisah aja ntr dirakit di indonesia
tp jgn lp minta faktur-nya buat urus surat2 di indonesia

13. Busa_tio - Mei 1, 2012

Suzuki Bandit 250 ngga disebut, padahal sama 4 silinder dan pernah dijual di mari.

ardianfireblade - Mei 1, 2012

bandit 250 mesin-nya 11-12 sama gix 250 bro
lagian yg ane bahas yg pure sport,hehehe

Busa_tio - Mei 1, 2012

Lha.. judulnya kan ngga ada embel-embel sport-nya. Ya sud, ikut aja gan…😆

ardianfireblade - Mei 1, 2012

kl bandit kan model touring bro
hehehehe

14. asep_s - Mei 7, 2012

tenagany motor jaman dlu gk ngibul muaantep2..ninja ma cbr skrg menang tampang doang.pa lgi yg makenya pda pecicilan mulu.gk ngliat motor jaman dlu hebat2.thank’s kang inpo nya

ardianfireblade - Mei 7, 2012

sama2 masbro

ardianfireblade - Mei 7, 2012

ok masbro
mksih udh berkunjung ke warung ane

15. Mah joyo - Mei 30, 2012

nyari suku cadangnya gampang pa ngga? jd pengen nyoba jwe……

16. man - Juli 3, 2012

sorry baru nyimak… ternyata lebih mantap babyblade honda tuh daripada cbr yg skrg… secara kwalitas suara knalpot lebih gahar dr yg skrg, seharusnya honda tetap produksi babyblade ya… hmmmm… mungkin bahan materialnya yg mahal mungkin ya ?:mrgreen:

ardianfireblade - Juli 3, 2012

lah kl baby blade kan 4 silinder masbro
ya jelas beda sm CBR skrg yg 150cc 1 silinder
kalau cbr 4 silinder msh di jual jelas harga-nya ga 30jtan
pasti 100an lebih tuh🙂

17. MasPAIDJO - Juli 26, 2012

4 SILINDER 250CC.. NAH KALO GINI EMANG SERASA NAIK MOGE, SUARA KAN MIRIP MOBIL.. CYLINDER LEBIH DARI 2 MINIM 3.. PASTI SPT MOBIL SUARANYA. KALO CUMA 2 SIH.. GAK LAH, MALAH KYAK CB GLATIK SUARANYA CONTOH NINJA250 ,2 SILINDER.. KCUALI 2 CILINDER CC DI ATAS 500 SUARA BARU MOGE.. EHMM😀

18. black - Juli 27, 2012

http://motor-dan-sekuter.tokobagus.com/yamaha/yamaha-fzr-400-genesis-cbu-9998563.html —> bagi yang minat… fzr fersi pertama… di indonesia cuma beberapa buah saja… buat kolektor silahkan…

19. rosi nyemplung kali - September 22, 2012

aaaaaaaaaaahhhh …
basi” bgt mtor skrg, mentok di 2 silinder aja,
knp gc 250 4 silinder aja merdekain lgi,
skalian klo bsa cbx yg 6 silinder tu msuk Indo …
smua org ngiler tu liat di jalanan …😀

20. jonkei - Februari 23, 2013

Suaranya mantep ye kalo 4 silinder, cbr 1 silinder skrg culun bener suaranya

21. yesyer 250R - Maret 21, 2013

aku tetep pilih honda cbr 250RR. apalagi Yamaha TZ 250. aku pernah cobain sekali di thailand langsung. gigi satu tembus 120kpj.

22. Biker Lover - Mei 4, 2013

kita gak tau sejarahnya kenapa discontinue penjualan di jepang, eropa dan amerika sana dan indonesia kan gak masuk hitungan wong tahun 80-90an kita banyak yang masih kismin…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: