jump to navigation

The Story Of Ducati Mei 8, 2012

Posted by ardianfireblade in Uncategorized.
trackback

Hello Brother’s..

Alhamdulillah akhirnya bisa update tulisan n blog juga nih. Sebetul-nya sakit-nya udah sembuh dari hari minggu kemaren sih,cuma saking sibuk-nya wira-wiri ke bengkel  motor AM yang lagi di modif,so blog akhirnya ga update-update. Makasih buat temen-temen yang udah support AM biar cepet sembuh🙂 so bisa buat tulisan lagi.

Hmmm… kali ini AM mau bahas salah satu pabrikan motor besar dari italy yaitu Ducati. Pasti brosis sekalian udah pada tau Ducati kan,nah tapi apa brosis udah tau asal-usul Ducati?Nah AM yakin banyak yang belom tau kan…so yuk disimak the story of ducati.

                                                                                                          logo awal Ducati

Sejarah awal ducati di mulai pada tahun 1926. Kala itu ada 3 bersaudara asal italy yang bernama Adriano,Marcello dan Bruno Ducati mendirikan perusahaan pembuat Vakum,tabung,kondensator dan komponen radio.Perusahaan di kota Bologna  itu bernama Societa Scientifica Radio Brevetti Ducati.Ternyata perusahaan ini cukup maju,hingga di tahun 1935 3 bersaudara ini memutuskan ekspansi perusahaan dengan membuat pabrik baru di kota Borgo Panigale(skrg udah tau kan nama ducati 1199 panigale dari mana asal-nya).

Ducati pun pernah mengalami saat-saat sulit dan hampir bangkrut saat perang dunia ke-2 akibat pabrik-nya di Bombardir Bom oleh pihak sekutu. Tapi perlahan-lahan Ducati bros bangkit lagi membangun perusahaan-nya dari nol. Era kebangkitan Ducati berawal di tahun 1944,waktu itu ada perusahaan asal Turin yang bernama SIATA yang memproduksi sebuah mesin mini untuk di pasang di sepeda pancal,mesin itu bernama “Cucciolo”. ga disangka-sangka mesin ini langsung jadi best sale di masa-nya dengan terjual sekitar 200.000 unit. Karena penjualan yang sukses ini membuat Ducati tertarik,akhirnya Ducati menawarkan kerjasama dengan SIATA untuk memproduksi sebuah motor. Dan akhirnya di tahun 1950 lahir-lah motor Ducati pertama yang dinamai sama dengan mesin-nya yaitu “Cucciolo”.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi,demand konsumen untuk jenis motor pun semakin beragam. Ducati pun merespon pasar dengan merilis skuter 175cc 4 tak di milan automotif show pada tahun 1952. Meskipun di pameran itu skuter ini jadi primadona pameran kenyataan berkata lain,skuter ini ga laku di pasaran dengan penjualan beberapa ribu unit aja selama 2 tahun setelah rilis hingga akhirnya skuter ini harus di stop produksi-nya.

                                                                                                       skuter 175cc ducati

Di tahun 1953 untuk ke-efektifan perusahaan,manajemen Ducati memutuskan untuk membagi dua perusahaan-nya menjadi  Ducati Meccanica SpA khusus untuk memproduksi motor dan Ducati Elettronica khusus untuk memproduksi alat-alat elektronik. Nah ternyata pemecahan perusahaan ini berdampak positif brosis sekalian,karena di tahun 1960 Ducati Meccanica berhasil membuat motor 250cc 1 silinder 24 HP tercepat di dunia motor itu bernama Mach 1. Wow..!! biarpun motor jadul kaya gini pun kalo di jaman sekarang bisa bersaing sama CBR250 dan N250 nih.

Nah Ducati Meccanica sendiri mulai berkembang pada awal 1960-an,dengan mulai menghadirkan motor-motor penuh kreasi,inovasi dan seni. Dan dari tahun 1960 s/d sekarang ini,Ducati punya motor iconic di tiap masa-nya. Apa aja motor-motor itu yuk di simak brosis sekalian….

1. Tahun 1960 hadir Ducati Apollo dengan spek 1260cc 100HP 4 silinder L-4 dengan harga $1500

2. Tahun 1973 hadir Ducati 750 desmo yang di gunakan untuk balapan imola dengan spek 2 silinder L-twin 750cc 61HP

3. Tahun 1985 era mesin Desmoquattro hadir Ducati 851 dengan spek 851cc 93HP L-twin full injeksi liquid cooled,nah terbukti kan ternyata teknologi injeksi udah ada sejak dulu,tapi heran di indonesia motor injeksi gaung-nya heboh banget seakan-akan injeksi itu canggih dan modern padahal teknologi jadul hehehehe….

4. Tahun 1990 era Ducati Monster,Duc monster sendiri hadir dalam beberapa varian mulai dari 400cc,600cc,750cc dan 900cc.

5. Tahun 1990an  s/d sekarang hadir bermacam-macam varian motor Ducati mulai dari the iconic masterpiece Ducati 916 dan 996 hingga yang terbaru yaitu panigale. Nah apa aja motor-motor ducati yang hadir selama tahun 1990-an sampai 2000-an? Yoook kita lihat bersama.

A. ducati ST 2,ST 3 dan ST 4

B. Ducati supersport 750,900 dan 1000,Duc supersport 900 sendiri termasuk motor langka lho karena cuma diproduksi sekitar 200 unit aja

C. Ducati supersport 620

D. Ducati 748 dan 749 tahun

E. Ducati 916 dan 996

F. ducati 999

G. Ducati 1098

Sebetul-nya masih banyak motor-motor ducati lain-nya yang belum tampil disini,yang AM tampilkan disini adalah motor-motor Ducati yang AM anggap sebagai Iconic menurut versi AM🙂 .

Nah begitulah brosis sekalian ulasan tentang awal berdiri-nya Ducati SPA. Ternyata Ducati dulu-nya adalah perusahaan Radio dan elektronik yang akhirnya jadi salah satu perusahaan motor besar dari italy,dan siapa yang sangka kalau dulu Ducati juga bikin motor kecil dan skuter.

Vrrrooommm….(AM)

 

 

 

Komentar»

1. ipanase - Mei 8, 2012
ardianfireblade - Mei 8, 2012

dan mahal…

2. lonely boy - Mei 9, 2012

bro andelan ducati kan katup desmodromic. bisa di jelasin gk sistem kerjanya?

3. ardianfireblade - Mei 9, 2012

hmmmm coba jawab ya…
desmodromic itu sebuah katup/valve yg gerak menutup/naik-turun-nya di gerakan oleh semacam pengungkit yg dinamakan leverage
kl kebanyakan motor umum selain ducati klep/valve-nya di gerakan sm semacam per kecil

4. c-seratus - Mei 9, 2012

mantap dulu..:)
baru baca…

5. c-seratus - Mei 9, 2012

Ducati dan desmodromic..dua icon yg menjadi sasaran penaklukan kompetitor. Tdk mudah menyamai kinerja valve khas ducati itu, utamanya krn dilindungi Hak Paten. Dgn desmodromic, masalah valve floating dlm rpm tinggi tereliminir. Campuran udara dan bahan bakar tetap presisi, output putaran tinggi makin ”ga masuk akal”. imho:mrgreen:

ardianfireblade - Mei 9, 2012

betul bro…
tp ada sisi minus-nya lho valve desmodromic
perawatan-nya susah n mahal
maka-nya image ducati itu motor ekslusif itu bener

6. Gogo - Mei 9, 2012

pabrikan mtr pling prestige..
sepakat tuh ttg teknolg Injeksi.. termasuk jadul, negeri ini sllu telat..

ardianfireblade - Mei 9, 2012

maklum bro negara kita ini negara konsumer
masyarakat-nya gampang di cuci otak-nya

7. Aldo - Mei 9, 2012

ini baru info nih….nice inpoh Bro…:)

http://alevindomotor.blogspot.com/

ardianfireblade - Mei 9, 2012

tenkyu bro🙂

8. redbike92 - Mei 10, 2012

Ducati ternyata punya skuter sisan
sangar tenan cak
soal ducati cocilio, itu masuk di Indonesia lho:mrgreen:
waktu itu termasuk sepeda motor murah yang udah ga diengkol kayak Zundapp (kata kakek saya kek gitu hehe)
http://redbike92.wordpress.com/2012/05/09/misteri-pulsar-375cc/

ardianfireblade - Mei 10, 2012

iya ane pernah liat di FJB kaskus ada yg jual cucciolo

9. enth - Mei 10, 2012

nggak bisa berkata apa-apa lihat ducati sport 1973…….

ardianfireblade - Mei 10, 2012

kenapa bro…
menurut ente keren apa cupu?

enth - Mei 10, 2012

kalo suruh milih, saya milih ducati sport 4973 daripada panigale. simple tapi “mematikan”

ardianfireblade - Mei 10, 2012

pasti ente suka motor cafe racer ya masbro
heheheh

ardianfireblade - Mei 10, 2012

pasti ente suka motor cafe racer ya masbro
heheheh

10. vixy182 - Mei 10, 2012

Yg 250 cc gede bener kepala silinderx…. 24 hp …ajiib bner d thun segitu….

ardianfireblade - Mei 10, 2012

ada yg lebih gede dari itu loh
honda 250cc 6 silinder


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: