jump to navigation

Blunder Honda di kelas sport 250cc Agustus 2, 2012

Posted by ardianfireblade in Uncategorized.
trackback

Hello Brothers…

Kawasaki semakin menancapkan kuku-nya sebagai raja di kelas sport 250cc dengan merilis all new kawasaki ninja 250R. All new ninja hadir dengan kondisi major change,mulai dari perubahan design motor yang lebih agresif dengan mengadopsi desain zx-10r,desain crankcase yang lebih moge look,sistim pengkabutan injeksi dan penggunaan spidometer digital yang lebih sporty. Nah analisa AM Honda sebagai pesaing terdekat kawasaki dengan produk CBR 250R-nya tampak-nya sudah melakukan blunder dengan terlambat merilis CBR 250R ketika Ninja 250 sudah eksisten dalam penjualan di indonesia dan seluruh dunia.

Dari Data penjualan pun tampak-nya CBR 250R susah untuk mengejar penjualan Ninja 250R yang semakin dominan. Sempat penjualan CBR 250 meningkat drastis hingga mengalahkan penjualan Ninja 250,namun itu hanya efek euforia sesaat ketika CBR 250 lagi hangat-hangat-nya di beritakan media. Nah pelan-pelan tapi pasti ketika euforia tersebut mulai menghilang penjualan Ninja 250 pun kembali meningkat hingga mengasapi penjualan CBR 250. Strategi kawasaki yang jarang mengumbar spyshoot kayak-nya jitu juga,sehingga pabrikan kompetitor ngga bakalan tahu apakah Ninja 250 akan mengalami refreshment apa engak. Honda juga terlalu lambat untuk mengarap kelas 250cc,harus-nya ketika Honda sudah terlambat begitu mending launching CBR 250 menunggu kawasaki launching all new Ninja 250. Gambling memang namun pertaruhan seperti itu harus-nya diambil oleh Honda,ketika kawasaki udah merilis all new ninja setidak-nya Honda udah tau bentuk nyata dari All new ninja dan Honda punya kesempatan untuk merevisi desain CBR 250.

Menurut AM koq tampak-nya Honda ga serius menggarap motor di kelas 250cc di saat kawasaki sudah terbukti superior menjual mesin 2 silinder,lha Honda malah menggarap mesin 250cc 1 silinder. Memang sih secara performa CBR dan N250 punya kelebihan dan kekurangan masing-masing,namun konsumen tampak-nya ngak melihat itu konsumen lebih melirik ke desain dan jumlah silinder mesin motor. Maklum pandangan konsumen di indonesia mesin dengan 2 silinder lebih bagus daripada 1 silinder ga bisa di pungkiri suara mesin 2 silinder memang lebih macho dari 1 silinder. Belum lagi design all new ninja yang agresif dan moge look,bisa dipastikan CBR 250 akan semakin terpuruk . Dan sekarang walaupun All new ninja 250 di jual lebih mahal daripada CBR 250,tampak-nya konsumen lebih memilih ninja 250 yang lebih memiliki value lebih di sisi design dan mesin. AM rasa Honda ga jeli melihat konsumen di kelas 250cc,padahal indonesia merupakan market share besar penjualan motor 250cc.

Yah…apa mau di kata nasi sudah menjadi bubur. Dalam waktu dekat Honda ga mungkin merevisi CBR 250 entah itu merevisi design atau mesin. Dan penjualan CBR 250 pun hanya akan bergantung pada konsumen loyal dan fanatisme Honda aja. Kalau untuk merebut konsumen baru atau menggaet rider ninja 250 untuk beralih ke CBR 250 untuk saat ini kaya-nya belum deh🙂

Nah gimana menurut brother’s  sekalian yang mungkin punya opini berbeda?monggo di share disini

Vrrrooommm…(AM)

Komentar»

1. bapakeVALKYLA - Agustus 2, 2012

ditambah lagi kawasaki keluarin Ninja 250i..
CBR gigit jari…😀

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

yup…mslh perbedaan harga kaya-nya ga berpengaruh🙂

2. Kapten Bejo - Agustus 2, 2012

aku gak kuat beli sekarang, All New Ninja 250 ajib, two thumb!!…

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

suatu saat pst bs bro…

3. rhay - Agustus 2, 2012

Nunggu jandanya saja ahh…..

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

janda-nya N250 apa CBR?🙂

frontdiskbrake - Agustus 2, 2012

enakan janda sebelah rumah, cantik, masih muda, bohay, sayang udah beranak 2.

4. raya - Agustus 2, 2012

bulannya sudah sampe agustis, yang dibahas kok cuma sampe mei.. capedeh..

5. redbike92 - Agustus 2, 2012

Hehehe
selain itu jangan lupa kak
Ninja 250 punya image lebih baik daripada CBR250, lha buktinya pas saya tanya, pilih mana Ninja, CBR apa Inazuma, mayoritas masih pilih Ninja 250. Name is everything😀
http://redbike92.wordpress.com/2012/08/02/opini-koplak-5-salah-pahamt-soal-sepeda-motor-d-veris-redbike9/

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

karena nama besar ninja udh kadung nempel di hati konsumen indonesia

6. jeviaja - Agustus 2, 2012

honda maunya irit riset, jd 1 mesin buat banyak model motor, ninin jg sebenarnya irit, katanya kan mesin model jadul tuh, tp tetep laku aja, biar jadul disini masih baru🙂
kl honda mau fight ya minimal jadiin 2 silinder, sukur2 ksh surprise idupin tuh yg 4 silinder..mimpi ni..🙂
ya minimal lagi di ckd lah br harganya sama dengan di thailand

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

kl dlm waktu dekat bikin 2 silinder kaya-nya ga mngkin deh,kecuali mesin 250cc 1 silinder honda di matikan dulu🙂

jeviaja - Agustus 2, 2012

knp kudu dimatikan?kan bisa dipake buat si tiger..hehehe
tiger teralis 250 cc mesin eks cbr 250 cc yg 1 silinder..hahaha..baru deh yg stereo silindernya dibuat..🙂

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

mksd-nya dimatikan utk CBR 250
so honda harus bikin mesin lg buat si CBR
tp masuk akal juga seandainya Honda ga mau kebakaran jenggot,skenario mesin CBR 250 untuk new tiger sah2 aja
tp denger2 si teralis yg mau launching tu ya new tiger

7. Ari CX Rider - Agustus 2, 2012

tetep 1 silinder,
tapi jadi mini cbr 1000 ?? xixixiix

Nichoz Ahmad - Agustus 2, 2012
ardianfireblade - Agustus 2, 2012

hehehe..

8. blade-in - Agustus 2, 2012

Jangan pandang enteng BUBUR! Sulam bisa naik haji gara-gara BUBUR, lho! wk wk wk wk…… Biar CBR udah jadi bubur, ya… bikin dong bubur ayam spesial. Cepet dipermak aja desainnya biar lebih nampol !!! (Tapi kayaknya AHM gak bakal mau… eh gak bisa, ding!)

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

nah itu dia…
kira2 Honda mau me-revisi CBR 250-nya apa ga?
pdhl CBR 250 baru 1 tahun lebih mengaspal

Drs. parto SH. - Agustus 2, 2012

gak usah di revisi, cbr 250 harga nya turnin aja jadi 30 jeti

kan honda dana nya tak terbatas.

kata nya suka perang harga.

itu kalo mau memperhangus ninin.:mrgreen:

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

masuk akal juga…
tp apa ga bakal rugi tuh ntr honda?
tp kl biker enthusiant yg pny uang lebih
mngkn lebih pilih ninin🙂

hadi - Agustus 3, 2012

kalo diturunin sampe 30jt kayanya terlalu ekstrim…tp kalo turunnya sampe batas biaya produksi, misal biaya produksi 31jt….dijual 31.5jt asal untung dikit aja…….kemungkinan bisa laku keras…walau efeknya pembeli cbr lama bisa ngamuk tuh….!! heheheeee……

ardianfireblade - Agustus 3, 2012

kalau harga jual di turunin,ntr untung dikit atau malah rugi..ntr imbas-nya ga ada lg “one heart” di motor-nya pedrosa/stoner🙂

9. shinju2 - Agustus 2, 2012

andai aja Honda keluarin lagi cbr 4 cilinder pasti bakalan tambah hueboh pasar di Indonesia ini apalagi harganya bisa head to head dengan Kawasaki….

numpang lewat gan..
http://shinju2.wordpress.com/2012/08/02/yang-baru-di-kawasaki-all-new-ninja-250fi/

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

kl honda keluarin 4 silinder harga-nya pasti ga semurah ninja 250 bro🙂

shinju2 - Agustus 2, 2012

makanya itu andaikan honda bisa melakukan yang enggak mungkin pasti pasar kelas 250 bakalan berantakan

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

haha…koq kaya-nya honda ga bakalan smp segitu-nya🙂

Crank90 - Agustus 2, 2012

klo motor 250 di jadiin 4 selinder bisa mahal bro, bisa hampir sama harganya dengan motor moge 600cc 4selinder!! kenapa bisa sangat mahal?? soalnya part-part mesinya dijadikan ukuran mini mulai dari seher, stang seher, noken as, klep, belum injeksinya/throtelbody yng jdi 4 dan mini..soalnya klo 250 cc di jadikan 4 selinder, berarti perselindernya cuma 62cc, bayangin kecil banget kan brow, belum lagi itu motor DOHC..makanya karna partnya kecil-kecil maka pembuatanya lebih susah dah harus sangat presisi..itu lah sebabnya duluh swaktu tahun 90han harganya kelewat mahal, bahkan dulu para konsumen lebih memilih yng 600cc nya ketimbang 250cc wong harganya hampir sama…maka dari itu motor 250cc 4 selinder di stop produksinya ama 4 pabrikan jepang Y,H,S,K!!

10. kharis27 - Agustus 2, 2012
ardianfireblade - Agustus 2, 2012

kl cm 1 silinder mah nangung..

kharis27 - Agustus 2, 2012

harus 4 silinder kah ? ajib kayaknya

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

minimal 2 silinder lah…
kl 4 silinder harga bakal mahal🙂

11. mason - Agustus 2, 2012

taun depan major change body kayaknya..
mesin tetep, ga ada yang salah..

ardianfireblade - Agustus 2, 2012

apa iya honda bakal major change CBR 250?
secara baru hampir 2th CBR 250 brojol

mariodevan - Agustus 2, 2012
12. someone - Agustus 2, 2012

kalo liat gambar cbr dijajarin ma ninja, cbr nya kok kaya mtor taon 90an gtu ya?(warna velg, warna body, spion, knalpot) ini menurut ane low,🙂

13. wong jowo - Agustus 2, 2012

mantab emang si ninin..250cc..moge look..twin cylinder..injeksi..tongkrongan jelas jauh menang kemana-mana dibanding kompetitor..motor impian neh..

ardianfireblade - Agustus 3, 2012

yup…
ane koq pgn punya si ninin jg nih🙂

14. sof - Agustus 2, 2012

Cbr250 saja susah melibas segmen Ninja250, apalagi motor yg harganya melebihi N250 semisal Duke yach?, tapi masih ada aja yg ngambil ceruk segmen yg sempit tsb. Lagian CBR250 kenapa hanya 1 Cylinder sich? , Kalau sekuat motor Next Racing Standard. NRS250 yach boleh de, tapi harganya dibandrol 300an jt utk NRS250????CMIIW, kagak niat utk di jual itu mah, BTW Ninja250Fi keren abissss…, (aye sebagai pemakai old Cibie aja males di suguhi 1 cylinder lage kalau naik kelas)

ardianfireblade - Agustus 3, 2012

nah itu dia..
mungkin honda berpikiran dg strategi motor 1 silinder harga jauh di bawah kompetitor bs mengusur singasana N250,tp honda salah..konsumen sudah di cuci otak-nya dg image motor 2 silinder yg lebih wah,apalagi skrg refresment N250 lebih macho,bakal keteteran nih honda

15. yudha depp - Agustus 2, 2012
16. gasik - Agustus 2, 2012

mungkin tepatnya blunder AHM kali mas, kalau untuk honda global CBR masih bisa ngeladenin ninja dalam penjualan, diubahnya regulasi dua tak 125 ke 250 satu silinder juga akan memperkuat honda untuk promosi, sayang diindonesia 250cc masih termasuk segmen highend bahkan masih ada yang mengolongkan moge, dan diindonesia AHM juga menset harga CBR terlau dekat dengan ninja untuk mesin 1 silinder harusnya bisa lebih murah, tapi keputusan AHM untuk mengimpor CBR bukan memproduksi sendiri saya rasa udah dipertimba

ardianfireblade - Agustus 3, 2012

kl ane berpendapat sih ttp blunder Honda bro…
mslh-nya kan CBR produk global,nah seandainya honda niat berkompetisi di segmen 250cc setidak-nya bikin motor yg bs bersaing,setidak-nya sama2 2 silinder🙂

17. gasik - Agustus 2, 2012

keputusan ahm untuk mengimport ini motor daripada memproduksi sendiri saya rasa AHM punya tujuan lain untuk ni motor
kalau soal tampang itu masalah selera CBR turunan VFR1200 ninja turunan zx1000+zx6 mereka mempunyai aura sendiri2, cmiiw

ardianfireblade - Agustus 3, 2012

yup aura CBR mmg lebih ke VFR
mumpung belom telat tambah jauh,bs aja sih CBR 250 di ganti nama-nya jd VFR 250,trs honda jepang bikin mesin baru buat si CBR,tp mslh-nya mesin 1 silinder koq pakai nama VFR apa mlh ga ngaco🙂

18. z1rider - Agustus 3, 2012

segmen konsumen motor premium, eh salah (minimum pertamax), mindsetnya mank beda😀
http://z1riders.wordpress.com/2012/08/03/plus-minus-honda-vs-yamaha-dalam-hal-peraturan-servis-terkait-garansi/

ardianfireblade - Agustus 3, 2012

ada jg yg isi premium koq🙂

19. donny ahmad - Agustus 3, 2012

2 silinder memang wow kalo di Indonesia, biar kata pake mesin jadul sekalipun:mrgreen:

ardianfireblade - Agustus 3, 2012

karena,mindset 2 silinder = mini moge bro…

20. aria - Agustus 3, 2012

Iya ya.. Kenapa gen CBR kok bs jd gen VfR.. Sepele kasih nama,namun efek imbasnya pe kemana2.. Harusnya dari awal th cbr 250 di kasih nama VFR aja.. Sembari nunggu gaung ninja 250 moncer di penjualan,honda global bikin desain konsep mini CBR,dengan belajar speck dari si ninja,minimal 2 cyl,body jg agak mirip2 turunan dr fireblade tentunya.. Klo pun skr 250 biar sekencang apapun dia,ya sama aj bohong kl msh pk 1 cyl,mna konsumen skr makin pintar.. Tr dari jauh pk knalpot freelow di kira suara honda tiger modifan di kasih fairing x.. He2… Skr kayak buah simalakama th si CBR… Hadoh.. Kasian..

ardianfireblade - Agustus 3, 2012

hmmm..mngkn waktu itu honda yakin dengan mesin 1 silinder CBR bs ganggu penjualan ninja,tp kenyataan ternyata berbeda

21. gogo - Agustus 3, 2012

kan sbnarnya ninja m cbr beda segmen, mksdu honda mngkin ngluarin cbr baut jd sport commuter. tp marketingnya blm mampu untuk “menyadarkan” calon konsumen..

ardianfireblade - Agustus 3, 2012

beda segmen di kelas yg sama 250cc jelas blunder🙂
kecuali honda bikin beda segmen 250cc naked bike spt suzy GW,nah itu mngkn msh bs di terima akal

22. Nichoz Ahmad - Agustus 3, 2012
23. aplus10 - Agustus 4, 2012

bisa ga ya honda bikin mesin 250 cc 2 silinder?

ardianfireblade - Agustus 6, 2012

hmmmm…
hanya waktu yg akan menjawab🙂

24. antok cb - Agustus 10, 2012

honda ga perlu kuatir, ntar pasti laku kok kalo dijual pretelan, bisa buat modif CB
hehehe, jadinya CB250

ardianfireblade - Agustus 10, 2012

hehehehe…boleh juga🙂

antok cb - Agustus 10, 2012

jd jangan kaget kalo yg punya ninja 250 kalo dikejar motor jadul kakek moyang jauhnya cbr 250
hehehe

ardianfireblade - Agustus 10, 2012

hehehe…pasti bakal terkaget-kaget

25. Saiful Azhar - Agustus 13, 2012

Kalo D indo Gan Ninja Udah Bnyak Yang Punya,,, Lagi Nyari Motor 125z..

ty..

26. ayahAndRay - Agustus 28, 2012

keren nih artikelnya,, based on data,,, denger2 baru akan ada revisi model cbr thn 2014, engine tetap 1 silinder..🙂

ardianfireblade - Agustus 28, 2012

wah info br nih masbro….
wah kl msh 2014 CBR di revisi,mngkn ninja 250 revisi jg tuh,mudah2an CBR jd 2 silinder biar makin seru

27. CB2nR - September 5, 2012

cbr250 rantai kamprat dkanan bro wat modif scorpio mak nyus x ya,

lok mau 2 silinder punya honda n suara has real twin head,bli ja cb 200 twin seker ksh gl 125 msing2 dh jd 250cc jgn tnya suara dam dem dam dem,sasis buat tralis,ksh bodi freblade mini,oil cool satria fu,knalpot dobel,kaki2 nsr sp super arm

wlpn sohc namu msh jos gandos yg stndar ja ajib pa lg dmodif spek sport

kok suzuki g ngluarin thunder 125 mesin fu125 ya?pdhl ajib 2,biar g kalah ma bebek

28. kang oo - Januari 10, 2013

CBR 250 disandingkan sama New Ninja 250,,kelihatannya seperti kakek sama cucu…. CBR keliatan ketinggalan jaman banget… headlamp, fairing, knalpot, buritan, mesin, warna, …. selain lebih murah, ga ada kelebihannya sama sekali… parah banget!!!! ga niat berkompetisi di segmen 250 cc… Honda lebih baik fokus di bebek sama matik aja deh!!!

29. ismail - Februari 15, 2013

munculkan all new tiger dengan memakai VTR 250 ,pasti naik podium kalahkan ninja 250 !

30. budi - Februari 21, 2013

kalau gua ninja 250 FI best______of the besttttt ngga ada lagiiii

31. meegoer - Maret 1, 2013

mesin pake SE (CRF250L) 1 silinder, spec n tampang sport turing tapi pake nama CBR yg identik dgn racing ga matching bgt,bnr2 pake jurus panik.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: